SOFTSKILL SEMESTER 5
TUGAS PERTAMA
Apakah tujuan perkuliahan dapat
dicapai dengan mengusai 9 materi tentang bahasa ?
Di dalam
ruang lingkup kemahasiswaan dibutuhkan komunikasi yang baik dalam berinteraksi
antar sesama dan dalam komunikasi tersebut digunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar. Mahasiswa dapat belajar sikap bertutur kata dalam bahasa yang baik
dalam kegiatan belajar dan mengajar. Kenyataan ini membuat adanya peningkatan
dalam penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia dalam fungsinya sebagai alat
komunikasi antar sesama
Didukunng dengan mata kuliah bahasa Indonesia di lingkungan perkuliahan membuat mahasiswa semakin meningkatkan kualitas berbahasa Indonesia. Mahasiswa diajarkan untuk lebih mengerti dalam penulisan, penyusunan dan pengucapan dalam berbahasa yang baik dan benar. Pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan karena, mahasiswa/mahasiswi sebagai calon sarjana dipersipakan tidak hanya untuk menjadi konsumen ilmu pengetahuan melainkan juga sebagai produsen dalam bidang ilmiah.
Tujuan mata kuliah bahasa Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa memiliki tujuan :
1. Menumbuhkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan dapat mendorong mahasiswa memelihara bahasa Indonesia.
2. Menumbuhkan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan mampu mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas bangsa.
3. Menumbuhkan dan memelihara kesadaran akan adanya norma bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku.
Pada dasarnya mahasiswa telah memahami penggunaan kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena bagaimanapun bahasa memiliki peran penting dalam proses pembangunan karakter setiap mahasiswa.
TUGAS KEDUA
Didukunng dengan mata kuliah bahasa Indonesia di lingkungan perkuliahan membuat mahasiswa semakin meningkatkan kualitas berbahasa Indonesia. Mahasiswa diajarkan untuk lebih mengerti dalam penulisan, penyusunan dan pengucapan dalam berbahasa yang baik dan benar. Pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan karena, mahasiswa/mahasiswi sebagai calon sarjana dipersipakan tidak hanya untuk menjadi konsumen ilmu pengetahuan melainkan juga sebagai produsen dalam bidang ilmiah.
Tujuan mata kuliah bahasa Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa memiliki tujuan :
1. Menumbuhkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan dapat mendorong mahasiswa memelihara bahasa Indonesia.
2. Menumbuhkan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan mampu mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambang identitas bangsa.
3. Menumbuhkan dan memelihara kesadaran akan adanya norma bahasa Indonesia yang nantinya diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku.
Pada dasarnya mahasiswa telah memahami penggunaan kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena bagaimanapun bahasa memiliki peran penting dalam proses pembangunan karakter setiap mahasiswa.
TUGAS KEDUA
Apakah suatu bahasa perlu memiliki
ejaan ?
Ya sangat perlu, karena penggunaan bahasa harus memiliki sistem ejaan agar lebih mudah digunakan untuk menandai suatu pembicaraan atau bahan tertulis lainnya
selain itu karna ejaan merupakan sebuah aturan yang mengatur cara
melambangkan bunyi,cara memisahkan atau menggabungkan kata dan cara menggunakan
tanda baca. Dalam system ejaan suatu bahasa, ditetapkan bagaimana fonem-fonem
dalam bahasa itu dilambangkan. Lambang fonem itu dinamakan “ huruf ”. Susunan
sejumlah huruf dalam suatu bahasa disebut “ abjad” oleh karna itu dari ejaanlah
awalnya kita bisa berbicara dan saling berkomunikasi dengan menggunakan susunan
huruf huruf yang menjadi suatu kalimat.
TUGAS KETIGA
Jenis tulisan awal : Paragraf Narasi
Judul : Hari pertama sekolah
Alinea awal : (NARASI)
Hari pertama sekolah,aku masuk pukul 07.00. Agar tidak terlambat, aku selalu bangun pukul 04.30. Setelah mandi, akupun shalat subuh. Kemudian, aku segera mengenakan seragam sekolah. Tak lupa aku lihat-lihat lagi buku yang harus aku bawa. Yah, sekedar mengecek apakah buku-buku yang aku bawa sudah sesuai dengan jadwal pelajaran hari itu. Selanjutnya, aku makan pagi. Lalu, kira-kira pukul 06.00, aku berangkat ke sekolah. Seperti biasanya, aku ke sekolah naik angkutan umum. Jarak rumah dengan sekolahku tidak jauh, sekitar enam kilometer.setelah sampai dikelas aku memilih kursi yang terbagus agar nyaman untuk diduduki saat belajar.
Alinea baru : (DESKRIPSI)
Kursi yang ada dikelas terbuat dari kayu jati. Kursi itu
tingginya kurang lebih 75 cm lebarnya sekirar 30 cm dengan panjang 1,5 meter. kursi
bewarna coklat muda ini terlihat sangat cocok dengan ruang belajarku yang
sedikit gelap. kursi ini punya 4 kakii yang 2 sebelah kiri dan yang duanya disebelah
kanan. Dengan adanya penyangga kaki membuat kursi ini nyaman digunakan untuk
belajar.
TUGAS KEEMPAT
Mengapa sebuah karangan ilmiah harus
bersifat :
1. objektif, artinya karya ilmiah harus
relistis, apa adanya, sesuai objeknya, tidak ada rekayasa, dan tidak pula
memasukkan unsure-unsur subjektivitas penulis.
2. faktual, artinya karya ilmiah harus
didasarkan pada fakta dan dapat pula dibuktikan,
3. rasional dan logis, artinya karya
ilmiah harus dapat diterima secara akal dan berisi penalaran-penalaran ilmiah.
4. ilmiah, artinya karya ilmiah harus
didasarkan pada bidang keilmuan dan prosedur ilmiah.
5. sistematis, artinya karya ilmiah
harus disusun dengan menggunakan sistematika yang baik.
6. manfaat, artinya karya ilmiah harus
mempunyai manfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan secara teoritis dan
pihak-pihak yang memerlukan, bahkan bermanfaat secara universal, dan bermanfaat
praktis
7. lugas dan tidak emosional
mempunyai satu arti, sehingga tidak ada tafsiran sendiri-sendiri (interprestasi yang lain)
mempunyai satu arti, sehingga tidak ada tafsiran sendiri-sendiri (interprestasi yang lain)
8. Logis
disusun berdasarkan urutan yang konsisten
disusun berdasarkan urutan yang konsisten
9. Efektif
satu kebulatan pikiran, ada penekanan dan pengembagan.
satu kebulatan pikiran, ada penekanan dan pengembagan.
10. efisien
hanya mempergunakan kata atau kalimat yang penting dan mudah dipahami
hanya mempergunakan kata atau kalimat yang penting dan mudah dipahami
11. ditulis
dengan bahasa Indonesia yang baku.
No comments:
Post a Comment